Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2022
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini  

Bisa Stres, 5 Bahaya Kalau Anak Dipaksa Belajar sampai Kelelahan

Oleh : Rista Simbolon (Via IDN Times ) | Diterbitkan 1 month ago | Short link: https://jakartainews.com/9803464

Bagikan Ke : Facebook Twitter


Bisa Stres, 5 Bahaya Kalau Anak Dipaksa Belajar sampai Kelelahan

Memiliki anak yang pintar dan memahami pelajaran dengan baik tentu membuat orangtua merasa bangga. Sehingga, tanpa sadar banyak orangtua yang hanya berfokus pada hal itu sampai menuntut anak belajar terus menerus hingga kelelahan.

Hal ini seperti ini sebenarnya gak boleh dianggap sepele, lho. Kalau terus dilakukan, lama-kelamaan bisa buat mental anak tertekan dan mengidap stres atau depresi.

1. Fungsi otaknya bisa jadi tidak normal karena terlalu dipaksa

Segala hal yang dipaksa itu gak baik, termasuk fungsi otak yang kalau terlalu dipaksakan terus belajar. Ini termasuk risiko fatal yang membahayakan diri anak ke depannya.

Dia bisa jadi sulit fokus hingga tidak sanggup terus berpikir dan belajar. Itulah kenapa orangtua gak boleh mengganggap sepele anak yang kelelahan belajar, karena itu berarti dia sudah mencapai batas kesanggupan otaknya. 

2. Muak dengan pelajaran dan sekolah

Bahaya kedua kalau anak dipaksa belajar terus sampai kelelahan ialah dia bisa jadi muak dengan pelajaran dan sekolah. Baik itu di sekolah ataupun di rumah, dia selalu disuruh belajar sampai pening dan muak.

Bagi seorang anak, hal ini sangatlah menyiksa, sehingga dapat membuatnya merasa direnggut kebahagiaan hidupnya dengan tuntutan belajar. Akibatnya, anak jadi malas sekolah dan pada usia remaja bisa nekat berbuat nakal dengan membolos sekolah. 

3. Gak punya keinginan memiliki pendidikan tinggi karena sudah terlalu capek dari kecil

Bahayanya yang ketiga kalau terlalu memaksa anak belajar sampai kelelahan ialah dia jadi gak punya keinginan memiliki pendidikan tinggi. Hal ini disebabkan oleh rasa muaknya terhadap pelajaran karena terlalu dipaksa sejak kecil. 

Jadi, ketika anak bertumbuh dewasa dan dia sudah bisa menentukan pilihan hidup dan jalannya sendiri, bukan suatu hal yang mustahil kalau dia gak berkeinginan sekolah tinggi akibat terlalu capek. Tentu ini bukan hal yang baik, kan?

4. Tekanan mental hingga stres dini

Kita yang merupakan orang dewasa saja kadang tertekan kalau dipaksa melakukan sesuatu, begitu juga dengan anak kalau dipaksa belajar. Bukannya benci belajar, tapi melakukan sesuatu hal dalam waktu lama sampai kelelahan sedikit banyaknya pasti membuatnya tertekan batin.

Banyak orangtua gak sadar kalau stres tidak hanya dapat dialami orang dewasa saja, tetapi anak pun juga dapat mengalaminya. Bahayanya, kalau anak mengalami stres dini gara-gara ini, mental bisa terganggu sehingga kurang baik untuk masa depannya kelak. 

5. Tidak memiliki semangat dan tujuan hidup

Suatu hal yang wajar terjadi ketika dipaksa terus menerus belajar hingga kelelahan membuat anak jadi kehilangan semangat hidup. Biasanya, hal ini terjadi jika pola asuh yang digunakan sangat ketat atau otoriter, sehingga menjadi kewajiban bagi anak untuk patuh dan menuruti perintah orangtua.

Terbiasa menurut dan pasrah dengan perintah orangtua membuat anak berpikir kalau dia tidak punya pilihan dalam hidupnya selain menurut. Salah satunya ialah menurut kalau disuruh belajar, bahkan meskipun itu membuatnya kelelahan dan muak sekalipun. Jadi gak heran kalau lama-kelamaan semangat hidupnya jadi meredup. 

Kelima bahaya di atas akan terjadi kalau anak dipaksa belajar sampai kelelahan. Hal tersebut dapat berdampak buruk pada mentalnya hingga dewasa kelak. Minta anak untuk belajar secukupnya dan semampunya, ya.



                                Video Viral Infus Putih Menyebabkan Autoimun, Ini Kata Dokter

Video Viral Infus Putih Menyebabkan Autoimun, Ini Kata Dokter


Sumutkota.com Kompas.com ... Read More →

Artikel Lainnya

                            KL City Ditahan PSM 0-0, Begini Dalih Bojan Hodak

KL City Ditahan PSM 0-0, Begini Dalih Bojan Hodak


Sumutkota.com ... Read More →







                            Ronaldinho Siap Hibur Masyarakat Indonesia

Ronaldinho Siap Hibur Masyarakat Indonesia


Sumutkota.com ... Read More →







                            Napoli Diminta Berkorban Demi Kalidou Koulibaly

Napoli Diminta Berkorban Demi Kalidou Koulibaly


Sumutkota.com ... Read More →



Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Server Pulsa Online

Love









Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN Contack Me Zodiak
© 2017 - 2022 jakartainews.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP jakartainews.com




Page loads : seconds