Zulhas Ajak Menteri Perdagangan Anggota G20 Tinjau Produk Indonesia Berbasis Teknologi Berkelanjutan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 20
Jumat, 23 September 2022 09:24 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan paparan saat pertemuan G20 Trade, Investment and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis 22 September 2022. Pertemuan tingkat Menteri G20 bidang Perdagangan, Investasi dan Industri tersebut mengangkat enam isu prioritas, merupakan reformasi Badan Perdagangan Dunia atau World Trade Forum (WTO), sistem peta jalan multilateral dalam memperkuat tujuan pembangunan atau SDG's, respons perdagangan investasi dan industri dalam mengatasi pandemi dan mendukung arsitektur kesehatan global, digital dan rantai nilai global, peningkatan investasi berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi global, dan industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan melalui industri 4.0. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

TEMPO.CO, Jakarta -Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak para menteri perdagangan dari negara-negara personil G20 meninjau produk-produk Indonesia berbasis teknologi berkelanjutan. Produk tersebut dipamerkan dalam Trade Investment and Industry G20 Exposition (TII G20 Exposition) di Nusa Dua, Badung, Bali.

"Indonesia mau menunjukkan kepada para Menteri Negara Anggota G20 yang hadir bahwa kita telah mempunyai teknologi-teknologi inovatif yang berkelanjutan,” kata Zulkifli Hasan melalui keterangan tertulis pada Kamis, 22 September 2022. 

TII G20 Exposition merupakan bagian dari rangkaian G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) pada 21–23 September 2022 di Nusa Dua, Bali. Pameran ini berisi produk-produk unggulan Indonesia yang konsentrasi pada peningkatan kepedulian atas teknologi yang berkelanjutan serta kepedulian terhadap lingkungan. 

Pameran itu merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Kementerian Perindustrian. TII G20 Exposition digelar selama dua hari adalah 22–23 September 2022.

TII G20 Exposition terdiri atas 11 stan yang menampilkan produk terpilih dan terkalibrasi menuju pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan sasaran net zero emission (nol emisi karbon) sebagai agenda utama bagi personil G20.

Acara tersebut diikuti oleh berbagai asosiasi maupun pelaku upaya di antaranya Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Eco Industrial Park (Kementerian Perindustrian), Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Astra Otopower, Astra Honda Motor, GESITS, CIRCA, Telkomsel, Avani, Arane, dan Mortar Indonesia.

“Kita harapkan bersama agar produk-produk unggulan Indonesia yang mengusung konsep berkelanjutan dapat lebih dikenal secara luas, khususnya oleh negara personil G20,” kata Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Kisah Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi, Siapa Paling Tajir?

Ikuti warta terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.






14 jam lalu

RI Akan Perkuat Hubungan Dagang dengan Arab Saudi Melalui CEPA

Menteri Zulkifli Hasan akan memulai perundingan CEPA antara Indonesia dan Arab Saudi sebagai bentuk upaya mendorong hubungan dagang dua negara.


1 hari lalu

Mendag Ikut Pastikan Daya Listrik 450 VA Tak Naik ke Pedagang Pasar

Saat berjumpa dengan para pedagang pasar di Pasar Badung, Bali, Mendag Zulhas membantah pemerintah akan meningkatkan daya listrik 450 VA menjadi 900 VA.


1 hari lalu

Delegasi G20 dari Spanyol hingga Brasil Kepincut Kenikmatan Kopi Indonesia

Delegasi TIIWG asal Spanyol, Martha Fernandez Ferrero dan Alvaro Rodriguez Ruiz, mengaku sangat menikmati cita rasa kopi Aceh.


2 hari lalu

Batik Lasem dari Rembang Akan Jadi Cinderamata Acara G20

Batik Lasem yang dibuat dengan pewarna alami sejalan dengan pilar G20, adalah sustainibility.


3 hari lalu

Kisah Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi, Siapa Paling Tajir?

Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi hingga menjadi menteri kabinet Jokowi. Tapi, di antara ketiganya siapa paling tajir?


3 hari lalu

Niu buka Dealer Motor Listrik dari Plastk Daur Ulang di Bali

Dealer motor listrik Niu mendukung KTT G20 yang mengedepankan teknologi ramah lingkungan, sekaligus sejalan dengan visi Niu Mobility yang zero emisi.


4 hari lalu

Jokowi Undang Presiden FIFA dan IOC untuk Hadiri KTT G20

Presiden Jokowi turut mengundang Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino dan Presiden IOC Thomas Bach ke KTT G20.


5 hari lalu

Ekspor Kembali Tembus Rekor Tertinggi, Zulhas: Kemendag Akan Terus Jaga Momentum

Zulhas menjelaskan nilai ekspor per Agustus 2022 memecahkan rekor sebelumnya yang dicapai pada April 2022 lalu, adalah sebesar US$ 27,32 miliar.


6 hari lalu

Zulkifli Hasan: Perdagangan RI Bisa Menggempur Pasar Afrika tiba Cina

Zulkifli Hasan berharap Kemendag dapat menjembatani pemeran lokal untuk menyerbu berbagai negara dengan produk unggulannya.


6 hari lalu

Sengkarut Perdagangan Indonesia, Zulhas Minta Pendampingan Kejaksaan Agung

Zulkifli Hasan menegaskan nota kesepahaman ini tak menghapuskan kasus-kasus perdagangan yang kini tengah diproses oleh Kejaksaan Agung.


Saksikan Video Zulhas Ajak Menteri Perdagangan Anggota G20 Tinjau Produk Indonesia Berbasis Teknologi Berkelanjutan Selengkapnya di bawah ini: