Save Our Soccer Sebut Ada Pelanggaran Prosedur dalam Tragedi Kanjuruhan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 18 kali
Petugas pemadam kebakaran memadamkan asap yang tetap keluar dari ban dan bagian bawah mesin truk Brimob yang terbakar di area luar Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Ahad, 2 Oktober 2022. Truk itu termasuk satu dari 10 kendaraan dinas milik Polri yang rusak saat terjadi kerusuhan suporter pendukung Arema FC (Aremania) setelah dikalahkan tim tamu Persebaya Surabaya dengan skor 2-3 laga kesebelas Liga 1 BRI, Sabtu malam, 1 Oktober 2022. TEMPO/Abdi Purmono

TEMPO.CO, Jakarta - Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali mengungkapkan, pada tragedi Kanjuruhan terdapat pelanggaran-pelanggaran prosedural yang dilakukan oleh pihak penyelenggara.

"Kasus ini terjadi karena adanya pelanggaran-pelanggaran, bagus itu pelanggaran prosedural, maupun pelanggaran SOP dan, pelanggaran regulasi serta pelanggaran safety and security stadium regulation milik FIFA," kata Akmal lewat pesan bunyi Senin 3 Oktober 2022.

Pada pertandingan antara Arema FC versus Persebaya ini, disampaikan Akmal, sebenarnya polisi telah menyampaikan bahwa hanya boleh mencetak 25 ribu tiket tapi kemudian panpel Arema mencetak sampe 45 ribu tiket. Hal ini pun membikin Stadion Kanjuruhan menjadi kelebihan kapasitas.

"Sehingga kemudian jumlah penonton tak sebanding dengan kapasitas stadion kemudian ada yang berjubel berdesak dorongan dan ini pelanggaran prosedural yang sangat fatal," ujarnya.

Akmal menambahkan bahwa pertandingan yang digelar pada malam hari cukup membahayakan. Sudah beberapa kali Save Our Soccer menyampaikan bahwa PSSI dan PT LIB harus merevisi ulang jadwal pertandingan sepak bola yang larut malam.

"Karena ini sangat mengganggu keamanan dan kenyamanan apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan,' ujar dia.

Hal ini terbukti misalnya sebelum kasus ini terjadi ada 6 suporter yang meninggal, termasuk salah satunya dari Arema, dan juga dari Bonek karena ada supporter dari Surabaya kelelahan, kemudiaan kecelakaan lampau lintas, setelah pulang larut malam dari menonton pertandingan sepak bola tim kesayangannya.

Sedangkan soal penggunaan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan menurut Akmal tak sesuai dengan prosedur dan melanggar FIFA Safety and Security Stadium Pasal 9 poin b. Dalam pasal itu tercantum senjata api dan gas air mata tak boleh masuk di sepak bola. 

Menurut Akmal, pelanggaran prosedur itu juga karena kelalaian PSSI ketika melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian. PSSi diduga tak menyampaikan prosedur ini, bahwa pengamanan sepak bola itu berbeda dengan pengamanan demo.

 "Tidak boleh ada senjata dan gas air mata yang masuk ke dalam stadion," ujarnya.

Atas kejadian ini, kata Akmal, PSSI semestinya menghentikan Liga tiba tim pencari fakta menemukan bukti terbaru. Tim spesifik mengidentifikasi kasus ini memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pihak-pihak yang lalai pada penanganan ini.

Akmal menyampaikan bahwa ada pasal-pasal pelanggaran yang membikin panitia dapat dikenakan hukum pidana. Dalam Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 11 tahun 2022, diatur bahwa di Pasal 51, supporter berhak mendapatkan jaminan keamanan dan keselamatan.

"Di Pasal 103 bahkan disebutkan apabila penyelenggara tak bisa mengamankan pertandingan maka dapat dikenakan hukum pidana, berupa hukuman penjara maksimal 5 tahun atau denda maksmial Rp 1 miliar," ujar Akmal.

Menurut Akmal, PSSI harus segera membikin regulasi untuk menjamin keamanan supporter. Ketika hal ini sudah dilakukan, kompetisi dapat digelar kembali.

Dia pun meminta dibentuk tim pencari fakta dengan melibatkan kepolisian, PSSI, termasuk di dalamnya ada Komnas HAM dan lembaga swadaya masyarakat agar kasus ini diusut tuntas.

"Sehingga kemudian sepak bola kita yang berkabung dapat kembali bangkit dan juga lebih baik," kata Akmal.

Baca juga: Kisah Penyintas Tragedi Kanjuruhan: Kenapa Kami Ditembak Gas Air Mata?






4 menit lalu

Reaksi Kimia Gas Air Mata, Ini yang Mungkin Dialami Korban Tragedi Kanjuruhan

Gas air mata ialah gas yang menyakitkan karena secara langsung mengaktivasi reseptor-reseptor saraf yang membikin kita dapat merasakan sakit.


5 menit lalu

Anies Baswedan: Perlu Tinjau Ulang Fasilitas Stadion, Keselamatan Nomor 1

Anies Baswedan menyatakan fasilitas di berbagai stadion sepak bola perlu ditinjau ulang untuk memastikan keamanan penonton terjamin.


55 menit lalu

Kontroversi di Balik Tragedi Kanjuruhan

Lebih dari 120 orang tewas dalam tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022. Apa saja kontroversi-nya?


1 jam lalu

Mas Dhito Sampaikan Duka untuk Tragedi Kanjuruhan

Mas Dhito berharap seluruh pihak mau koreksi diri dan melakukan pembenahan.


1 jam lalu

Kisah Penyintas Tragedi Kanjuruhan: Kenapa Kami Ditembak Gas Air Mata?

Seorang penonton selamat dari tragedi Kanjuruhan mengisahkan detik-detik kerusuhan yang terjadi dan mengakibatkan 125 orang tewas.


2 jam lalu

Relawan Anies Usulkan Tim Pencari Fakta Independen Usut Tragedi Kanjuruhan

Relawan Anies Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) meminta pembentukan tim pencari fakta untuk mengungkap penyebab tragedi Kanjuruhan


2 jam lalu

Tragedi Kanjuruhan, KPAI Desak Pemerintah Tanggung Jawab Terhadap Anak yang Jadi Yatim Piatu

KPAI mendesak agar pemerintah bertanggung jawab terhadap anak-anak yang menjadi yatim piatu akibat tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur pada Sabtu lalu.


2 jam lalu

Anies Baswedan Sampaikan Rasa Belasungkawa Atas Tragedi Kanjuruhan

Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan rasa belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter sepak bola.


3 jam lalu

Pagi Ini, Mahfud MD Gelar Rapat Koordinasi Bahas Penanganan Tragedi Kanjuruhan

Materi rakor soal tragedi Kanjuruhan adalah perbaikan bumi persepakbolaan dan meneliti kalau ada tindakan hukum, dan dugaan pelanggaran hukum


3 jam lalu

Tragedi Kanjuruhan, Ibas Minta SOP Pengamanan Sepak Bola Diperbaiki

Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menyarankan agar prosedur operasi standar pengamanan pertandingan sepak bola diperbaiki, pasca tragedi Kanjuruhan


Saksikan Video Save Our Soccer Sebut Ada Pelanggaran Prosedur dalam Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya di bawah ini:


Atas