Profil Sudrajad Dimyati yang Dijadikan Tersangka oleh KPK, Sempat Terkenal Karena Skandal Suap Toilet DPR

Sedang Trending 1 minggu yang lalu 18
Jumat, 23 September 2022 09:29 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dan petugas KPK menunjukkan barang bukti hasil OTT suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung saat konferensi pers, di gedung KPK, Jakarta, Jumat, 23 September 2022. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai satu dari sepuluh tersangka dalam kasus suap dugaan pengurusan kasasi kepailitan Koperasi Simpan Pinjam Intidana. Dimyati sempat gagal dalam seleksi sebagai Hakim Agung di Komisi III DPR pada 2013. 

Mengutip laman Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi), Dimiyati lahir di Yogyakarta pada 27 Oktober 1957 (64 tahun). Lulusan SMAN 3 Yogyakarta itu mengenyam pendidikan tingkat sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia dengan jurusan Hukum Tata Negara. Dia pun menyelesaikan pendidikan S2 di kampus yang sama.

Dimyati tercatat sempat bertugas di berbagai pengadilan negeri di Indonesia. Dia pernah menjadi Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, hingga terakhir sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak. 

Gagal jadi Hakim Agung dan skandal suap toilet

Pada 2013, Dimyati sempat mengikuti seleksi Hakim Agung. Akan tetapi saat itu dia gagal dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. 

Kegagalan Dimyati menjadi hakim agung diwarnai skandal dugaan suap terhadap personil Komisi III dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Bahruddin Nashori. Penyuapan itu diduga terjadi di toilet Gedung DPR. 

Skandal itu terungkap setelah seorang jurnalis sempat mengaku memandang keduanya berjumpa di toilet itu. Akan tetapi suap itu tak sempat diusut. Bahruddin juga membantah menerima sesuatu dari Dimyati. 

Batal menjadi Hakim Agung, Dimyati malah harus menghadapi sidang oleh Komisi Yudisial (KY) saat itu. Akan tetapi KY pun menyatakan bahwa dia tak terbukti melakukan suap terhadap Bahruddin. 

Dimyati menyatakan pertemuannya dengan Bahruddin tak disengaja. Dia bahkan mengaku tak mengetahui bahwa pria tersebut ialah personil Komisi III. 

Akan tetapi Dimyati menyatakan bahwa mereka sempat terlibat percakapan. Bahruddin disebut sempat menanyakan soal hakim karir yang ikut dalam seleksi tersebut. 

Kembali mencalonkan diri sebagai Hakim Agung

Setahun berselang, Dimyati kembali mengajukan diri sebagai calon Hakim Agung. Dalam pemilihan, Komisi III menetapkan Dimyati sebagai Hakim Agung Kamar Perdata Mahkamah Agung. 

Dia terpilih bersama Amran Suadi dan Purwosusilo yang mengisi Kamar Agama MA, dan Is Sudaryono yang mengiris Kamar Tata Usaha Negara MA.

Selanjutnya, diduga terima suap

12 Selanjutnya





8 menit lalu

Hakim Agung Sudrajad Dimyati Tersangka Kasus Suap, Lihat Koleksi Mobilnya

Berdasarkan data LHKPN, Hakim Agung Sudrajad Dimyati tercatat mempunyai harta total Rp 10,7 miliar. Dia juga mempunyai dua unit kendaraan bermotor.


1 jam lalu

KPK Minta Sudrajad Dimyati Kooperatif

Sudrajad DImyati sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap pengurusan kasasi pailit KSP Intidana namun belum menjalani penahanan.


1 jam lalu

KPK Sebut Sudrajad Dimyati Terima Suap Rp 800 Juta dalam Kasus Kasasi KSP Intidana

KPK menyatakan Sudrajad Dimyati menerima suap Rp 800 juta dari pihak KSP Intidana.


2 jam lalu

Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka, Ini Kasus yang Menjeratnya

Hakim Agung Sudrajad Dimyati diduga menerima suap terkait pengurusan kasasi gugatan pailit Koperasi Simpan Pinjam Intidana.


2 jam lalu

KPK Tetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati Cs Sebagai Tersangka

KPK belum menahan Sudrajad Dimyati dan tiga tersangka lainnya.


9 jam lalu

KPK Dikabarkan Tangkap Oknum Pengacara di Semarang

KPK membenarkan telah melakukan operasi tangkap tangan terhadap beberapa orang dalam dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung.


9 jam lalu

KPK Kumpulkan Bukti OTT Suap Pengurusan Perkara di MA

KPK melakukan OTT terhadap beberapa orang di Jakarta dan Semarang. Selain itu, KPK turut mengamankan barang bukti sejumlah uang.


15 jam lalu

KPK Benarkan Tangkap Hakim Agung dalam OTT Suap Pengurusan Perkara

Wakil Ketua KPK Nurul Gufhron membenarkan pihaknya menangkap hakim agung dalam Operasi Tanpa Tangan (OTT)


15 jam lalu

OTT KPK soal Perkara di MA, Jubir Mahkamah Agung: Kami Menunggu Informasi Resmi

KPK telah menangkap sejumlah orang dalam Operasi Tangkap Tangan atau OTT KPK yang diduga terlibat suap kepengurusan perkara di Mahkamah Agung


16 jam lalu

OTT Pengurusan Perkara di MA, KPK: Penangkapan di Jakarta dan Semarang

KPK sudah membawa lima orang yang ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan atau OTT KPK ke gedung Merah Putih


Saksikan Video Profil Sudrajad Dimyati yang Dijadikan Tersangka oleh KPK, Sempat Terkenal Karena Skandal Suap Toilet DPR Selengkapnya di bawah ini: