Jakartainews



Berita HARI INI





4 Cara Mudah Cek Kondisi AC Mobil Masih Baik atau Tidak
4 Cara Mudah Cek Kondisi AC Mobil Masih Baik atau Tidak
Jakartainews.com: 4 Cara Mudah Cek Kondisi AC Mobil Masih Baik atau Tidak, News Berita 4 Cara Mudah Cek Kondisi AC Mobil Masih Baik atau Tidak Hari Ini. Jakartainews.com adalah situs penyedia informasi Berita 4 Cara Mudah Cek Kondisi AC Mobil Masih Baik atau Tidak secara live dan terupdate setiap hari, kami hanya menyediakan Berita Secara Live Hari Ini Dan Besok Secara Live Yang bersumber dari server Terpercaya.

Otomania.com - AC mobil yang digunakan dengan intensitas tinggi seperti di negara tropis, punya potensi mengalami kerusakan yang cukup tinggi. Itulah kenapa, disarankan rajin mengecek kondisinya, paling tidak setahun sekali.

Tapi sebelum ke bengkel, kita bisa cek sendiri kondisi AC mobil, apakah masih prima atau sudah harus "opname". Dan ini sebenarnya cukup mudah.

Berikut empat cara mengecek kondisi AC mobil dengan mudah:

1. Cek Kebocoran Di Selang AC

Kebocoran sistem AC ini terkadang tidak terasa sampai pelumasnya habis dan membuat kompresor macet.

Jika ini terjadi, cukup cek sambungan-sambungan selang AC dan cek apa ada noda oli. Jika sambungan masih baik maka akan bersih dari noda semacam itu.

Baca Juga: Akhirnya Tahu, Ternyata Inilah Penyebab Air AC Mobil Menetes di Kabin

2. Cek Kipas Utama Dan Kipas Ekstra

Periksa kipas utama dan kipas ekstra mesin, jika semuanya menyala berarti AC masih baik-baik saja. Jika mati maka segera perbaiki karena AC memiliki komponen seperti radiator yang perlu didinginkan.

Untuk mobil dengan kipas yang tersambung ke puli, cukup pastikan masih berfungsi baik. Kalau sudah diganti tipe visko, lebih baik cek kekentalan oli di dalam kipas masih baik atau tidak.

3. Cek Ketersediaan Freon AC

Untuk mengecek ketersediaan freon cukup dengan mengecek lubang kaca kecil di dekat kompresor AC. Apabila bening artinya masih penuh sedang kalau muncul busa putih berarti sistem kekurangan freon.

Dan jika freon benar-benar habis maka kaca pemantau juga terlihat bening. Biasanya saat freon habis, kompresor tak akan menyala dan embusan AC tidak dingin.

Baca Juga: Perlukah Mematikan AC Mobil Sebelum Mesin Dimatikan? Ini Penjelasannya

4. Cek Embusan AC

Cara mengeceknya cukup nyalakan AC di posisi paling kencang. Kemudian rasakan udara keluar tanpa terhambat atau tidak. Bila iya, berarti ada sumbatan di filter atau evaporator.

Itulah 4 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi AC mobil. Dengan menjaga kondisi AC mobil secara rutin, dapat memastikan kenyamanan perjalanan serta menjaga performa AC agar selalu optimal.



Saksikan Video 4 Cara Mudah Cek Kondisi AC Mobil Masih Baik atau Tidak Berikut ini..