Mengenal Tepung Semolina dan Manfaat Kesehatannya

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 18 kali
Ilustrasi tepung. snexportgroup.com

TEMPO.CO, Jakarta - Semolina ialah tepung gandum kasar yang digunakan untuk membikin pasta, roti, sereal, dan makanan lain. Di Nigeria, tepung semolina digunakan untuk menyiapkan fufu semolina, yang dimakan dengan berbagai sup Nigeria, dulu dikenal sebagai gandum durum, tetapi jagung dan nasi sekarang lebih disukai. 

Tepung ini tampak kuning ketika berasal dari gandum durum dan putih ketika berasal dari sumber lain. Semolina fufu sangat umum di Nigeria dan merupakan salah satu makanan Nigeria yang paling umum, digunakan untuk makan banyak sup Nigeria yang lezat. Berikut nilai gizi semolina dan manfaatnya untuk kesehatan.

Nilai gizi 
Nutrisi dan mineral utama yang ada di semolina adalah:
-Protein
-Karbohidrat
-Lemak
-Serat
-Vitamin B seperti tiamin, riboflavin, niacin dan folat.
-Vitamin C
-Sangat tinggi fosfor, kalium
-Kaya gluten

Kandungan kalori 
Satu mangkuk (170 gram) semolina mentah mengandung sekeliling 601 kalori. Melansir Health Guide, berikut faedah kesehatan semolina.

Bantu menurunkan berat badan
Alasan utama kenaikan berat badan ialah rasa lapar, yang mengarah pada peningkatan asupan makanan. Tetapi makan semolina membikin kenyang lebih lama dan memberikan daya ke tubuh karena adanya karbohidrat. Serat dan protein membikin kenyang dan bagus untuk menurunkan berat badan. Ini ialah salah satu makanan penurun berat badan ala Nigeria terbaik. Alasan lain semolina bagus untuk menurunkan berat badan ialah kandungan proteinnya yang tinggi. Banyak penelitian telah menunjukkan makan makanan tinggi protein dapat membantu menurunkan berat badan.

Membantu pencernaan
Karena mengandung serat makanan, semolina meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi sembelit. Serat juga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat, menciptakan keseimbangan dalam usus yang krusial untuk pencernaan, metabolisme, dan kegunaan kekebalan tubuh yang optimal. Jika mencari makanan Nigeria berserat tinggi, semolina suatu keharusan.

Meningkatkan kesehatan jantung
Semolina terdiri dari selenium, yang diperlukan untuk melindungi jantung dari infeksi, juga menjaga jantung dalam kondisi yang baik. Makanan ini juga meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan mencegah gagal jantung, serangan jantung. Nutrisi lain seperti masam folat dan magnesium membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Mencegah kekurangan unsur besi dan meningkatkan kegunaan tubuh
Semolina kaya unsur besi. Hanya dalam satu mangkuk Anda dapat mendapatkan sekeliling 8 persen dari dosis harian unsur besi yang dibutuhkan. Zat besi ini membantu produksi hemoglobin dan mencegah kelelahan. Vitamin esensial dan nutrisi lain juga meningkatkan kegunaan jantung dan ginjal. Fosfor membantu memetabolisme daya dan seng meningkatkan kekebalan.

Semolina juga kaya niasin. Niasin berperan krusial dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa, metabolisme lemak dan protein, serta menjaga sistem saraf bekerja dengan baik. Niasin juga membantu tubuh membikin hormon seks dan stres, meningkatkan sirkulasi darah dan kadar kolesterol.

Baik untuk penderita diabetes
Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi gluten dan dapat merugikan kesehatan penderita diabetes, semolina berfungsi sebagai alternatif yang sangat bagus bagi penderita intoleransi gluten. Dibandingkan tepung putih biasa, semolina mengalami proses pencernaan dan penyerapan yang lebih bertahap di lambung dan usus. Ini bermanfaat dalam manajemen glukosuria karena tingkat penyerapan yang lebih lambat mencegah fluktuasi sigap dalam kadar glukosa darah.

Baik untuk bunda hamil
Pada tahap awal kehamilan, masam folat membantu pembentukan tabung saraf. Asam folat sangat krusial karena membantu mencegah abnormal lahir yang serius pada otak bayi. Oleh karena itu, bunda hamil disarankan untuk mendapatkan masam folat yang cukup setiap hari. Semolina kaya masam folat, menjadikannya makanan yang ideal untuk bunda hamil.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Kenali Tepung Mocaf dan Manfaatnya






5 jam lalu

Perbedaan Gangguan Makan Anoreksia dan Bulimia, Begini Gejala dan Perilakunya

Anoreksia dan bulimia ialah gangguan makan yang sering disamakan. Perbedaan keduanya dapat dibedakan dari dampak, gejala, dan perilaku penderitanya.


5 jam lalu

6 Kebiasaan Makan yang Mempercepat Pembakaran Lemak dan Turunkan Berat Badan

Para pakar nutrisi dan beberapa penelitian klinis mengatakan bahwa kebiasaan tertentu dapat mempercepat pembakaran lemak dan menurunkan berat badan


1 hari lalu

Atasi Masalah Obesitas dengan Akupunktur

Akupunktur dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang sehingga dianjurkan lakukan penderita obesitas.


2 hari lalu

7 Cara Mengurangi Gula agar Terhindar dari Diabetes

Untuk menghindari glukosuria tak harus benar-benar mengurangi mengonsumsi gula. Berikut beberapa langkah untuk mengontrol konsumsi gula.


4 hari lalu

Makan Mangga Saat Program Diet Turunkan Berat Badan Bukan Ide Bagus, Kenapa?

Mangga sebaiknya tak dikonsumsi untuk beberapa unsur berikut ini, salah satunya saat jalankan program diet turunkan berat badan. Mengapa?


5 hari lalu

Rusia Beri Diskon Besar-besaran Bensin hingga Gandum untuk Taliban

Taliban mendapatkan harga murah dari Rusia untuk BBM dan gandum. Kedua pihak telah meneken kesepakatan.


5 hari lalu

Kenali Tepung Mocaf dan Manfaatnya

Tepung mocaf ialah tepung bebas gluten dengan rasa yang ringan dan teksturnya yang halus.


5 hari lalu

Lupakan Kesegaran Es Teh Manis, Pilih yang Tawar agar Lebih Sehat

Dokter memaparkan dampak yang dapat terjadi bila mengonsumsi terlalu banyak gula. Jadi, daripada minum es teh manis, lebih bagus pilih yang tawar.


5 hari lalu

Kuasa Hukum Sebut Lukas Enembe Sudah 4 Kali Stroke, Apa Saja Penyebab dan Gejala Stroke?

Kuasa hukum tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe menyebut kliennya sudah 4 kali kena stroke. Apa saja gejala stroke?


5 hari lalu

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mangga?

Kandungan gula alami yang tinggi membikin mangga menjadi buah yang banyak dihindari oleh penderita diabetes. Begini penjelasannya?


Saksikan Video Mengenal Tepung Semolina dan Manfaat Kesehatannya Selengkapnya di bawah ini:


Atas