Mahfud Md Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 17 kali
Menkopolhukam Mahfud MD beserta para penjabat mengadakan rapat koordinasi spesifik membahas tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Senin 3 Oktober 2022. Tempo/Hamdan C Ismail

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md menyampaikan telah membentuk tim independen gabungan pencari fakta tragedi Kanjuruhan. Tim ini akan mengusut tewasnya 125 orang dalam kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu malam, 1 Oktober 2022.

Menurut Mahfud, tim ini akan dipimpin langsung oleh dirinya.

"Untuk mengungkap peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022, maka pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta yang akan dipimpin langsung oleh Menkopolhukam yang keanggotaannya paling lama 24 jam ke depan," kata Mahfud dalam konferensi pers di Gedung Kemenkopolhukam, Senin 3 Oktober 2022.

Menurut Mahfud, tim ini akan berisi gabungan dari berbagai organisasi dan kementerian. "Yang terdiri dari pejabat perwakilan kementerian terkait, organisasi profesi olahraga, pengamat, akademisi, dan media massa," kata dia.

Menurut Mahfud, tim ini akan menyelesaikan tugas dalam waktu kurang dari satu bulan. "Tugasnya akan dapat selesai dalam 3 minggu ke depan," ujar dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan, dalam jangka pendek Polri diminta untuk segera mengungkap pelaku yang terlibat tindak pidana. "Polri diminta penilaian terhadap penyelenggaraan keamanan di daerah setempat," kata dia.

Tragedi Kanjuruhan terjadi pascapertandingan antara Arema FC versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Dalam kerusuhan itu, polisi menembakkan gas air mata ke arah massa di dalam stadion. Termasuk ke arah tribun penonton.

Hal ini mengakibatkan kepanikan di dalam stadion tersebut. Para penonton kemudian berebutan keluar untuk menghindari gas air mata. Nahas, banyak yang pingsan dan terinjak injak saat menuju pintu keluar. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada 125 orang tewas dalam peristiwa itu. Listyo juga mengatakan akan mendalami soal kesalahan prosedur penggunaan gas air mata di dalam stadion.

Baca juga: Save Our Soccer Sebut Ada Pelanggaran Prosedur dalam Tragedi Kanjuruhan

HAMDAN, NUGROHO CATUR






2 menit lalu

Ini Bunyi Aturan FIFA Tentang Larangan Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Pemakaian gas air mata oleh polisi diperkirakan berperan dalam jatuhnya banyak korban tewas usai laga Arema vs persebaya. Aturan FIFA melarangnya.


7 menit lalu

Cerita Suporter Selamatkan Diri saat Terjadinya Tragedi Kanjuruhan Usai Arema FC vs Persebaya 2-3

Para penonton berhamburan berjuang keluar dari stadion saat polisi menembakkan gas air mata ketika insiden Tragedi Kanjuruhan.


21 menit lalu

Save Our Soccer Sebut Ada Pelanggaran Prosedur dalam Tragedi Kanjuruhan

Save Our Soccer minta dibentuk tim pencari fakta tragedi Kanjuruhan. Kepolisian, PSSI, Komnas HAM, dan LSM dilibatkan agar pengusutan tuntas.


24 menit lalu

Reaksi Kimia Gas Air Mata, Ini yang Mungkin Dialami Korban Tragedi Kanjuruhan

Gas air mata ialah gas yang menyakitkan karena secara langsung mengaktivasi reseptor-reseptor saraf yang membikin kita dapat merasakan sakit.


25 menit lalu

Anies Baswedan: Perlu Tinjau Ulang Fasilitas Stadion, Keselamatan Nomor 1

Anies Baswedan menyatakan fasilitas di berbagai stadion sepak bola perlu ditinjau ulang untuk memastikan keamanan penonton terjamin.


1 jam lalu

Kontroversi di Balik Tragedi Kanjuruhan

Lebih dari 120 orang tewas dalam tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022. Apa saja kontroversi-nya?


1 jam lalu

Mas Dhito Sampaikan Duka untuk Tragedi Kanjuruhan

Mas Dhito berharap seluruh pihak mau koreksi diri dan melakukan pembenahan.


2 jam lalu

Kisah Penyintas Tragedi Kanjuruhan: Kenapa Kami Ditembak Gas Air Mata?

Seorang penonton selamat dari tragedi Kanjuruhan mengisahkan detik-detik kerusuhan yang terjadi dan mengakibatkan 125 orang tewas.


2 jam lalu

Relawan Anies Usulkan Tim Pencari Fakta Independen Usut Tragedi Kanjuruhan

Relawan Anies Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) meminta pembentukan tim pencari fakta untuk mengungkap penyebab tragedi Kanjuruhan


2 jam lalu

Tragedi Kanjuruhan, KPAI Desak Pemerintah Tanggung Jawab Terhadap Anak yang Jadi Yatim Piatu

KPAI mendesak agar pemerintah bertanggung jawab terhadap anak-anak yang menjadi yatim piatu akibat tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur pada Sabtu lalu.


Saksikan Video Mahfud Md Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya di bawah ini:


Atas