PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?

Published By Admin | Pada: Rabu, 3 Juli 2024 | 07:30

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?
PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta berpotensi diikuti oleh 3 poros koalisi usai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan bahwa bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan-Sohibul Iman sudah final. 

Pernyataan itu sekaligus menutup pintu PKB dan PDIP untuk melobi PKS terkait calon pendamping Anies dalam Pilkada Jakarta 2024. Apalagi, baik PDIP dan PKB, juga belum berminat untuk mengusung pasangan Anies-Iman (AMAN).

Presiden PKS Ahmad Syaikhu, misalnya, telah secara terang benderang menegaskan jika Anies ingin tetap bersama PKS maka harus menggandeng Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur.

"Kemarin ada framming di media katanya Pak Syaikhu mempersilakan Pak Anies memilih wakilnya, saya bilang 'Itu terserah Pak Anies pasti punya banyak pilihan, mau ambil siapa.' Tapi saya tegaskan jika ingin bersama PKS, harus membawa Mohamad Sohibul Iman," ujar Syaikhu. 

Syaikhu menjelaskan pengurus pusat partai berpendapat Sohibul merupakan sosok yang cocok menjadi pasangan politik Anies untuk memimpin Jakarta. Menurutnya, rekam jejak Anies-Sohibul sudah terjamin.

Penegasan yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid alias HNW. HNW bahkan menegaskan duet Anies Baswedan - M. Sohibul Iman sudah tidak bisa dinegosiasikan lagi.

Ia menjelaskan, PKS menganggap duet Anies-Sohibul merupakan yang terbaik karena sama-sama memiliki rekam jejak yang mumpuni.

"Ya, di PKS tidak bisa diubah lagi," ujar HNW di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Wakil ketua MPR ini tidak menampik deklarasi duet Anies-Sohibul sempat tidak disambut baik oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Padahal, PKB merupakan salah satu partai politik yang menunjukkan ketertarikan mendukung Anies maju sebagai calon gubernur Jakarta 2024.

Meski demikian, HNW menegaskan PKS akan tetap buka komunikasi dengan PKB agar mau menerima Anies-Sohibul. Apalagi, menurutnya, duet tersebut punya kesempatan menang paling besar karena memiliki basis yang luas: Anies mewakili Islam modernis, sementara Sohibul Iman mewakili Islam tradisionalis.

"Tentu semuanya juga ingin menang gitu kan dan pasti PKB tidak ingin koalisi yang tidak menang," jelas HNW.

Ditolak PDIP-PKB?

Selain PKS, PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan dua partai politik lain yang menunjukkan ketertarikan untuk usung Anies menjadi calon gubernur Jakarta 2024.

Meski demikian, deklarasi duet Anies-Sohibul oleh PKS seakan langsung ditanggapi secara negatif oleh PDIP dan PKB.

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menjelaskan, tidak ada partai politik yang bisa mengusung calon sendiri dalam ajang Pilkada Jakarta 2024. Alasannya, menurut hasil Pileg 2024, tidak ada partai politik yang meraih 20% dari total kursi di DPRD Jakarta.

Sementara itu, Pasal 40 ayat (1) undang-Undang No. 10/2016 tentang Pilkada mengatur hanya partai politik atau gabungan partai politik dengan minimal 20% dari total kursi di DPRD yang bisa mencalonkan kepala daerah. Oleh sebab itu, lanjut Eriko, PKS harus mencari partai politik lain yang mau ikut usung Anies-Sohibul.

"PKS kalau saya tidak salah 18 [kursi di DPRD Jakarta], masih perlu 4 kursi lagi [agar capai 20% kursi di DPRD Jakarta]. Nah ini siapa? Apakah teman-teman media bisa menyampaikan, 'Oh satu partai lagi ini pasti.' Kan belum tentu, kan? Karena belum ada yang namanya keputusan final," ujar Eriko di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Sedangkan Wakil Sekretaris PKB Syaiful Huda merasa langkah PKS mendeklarasikan duet Anies-Sohibul sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024 merupakan sebuah blunder.

Huda meyakini, keputusan PKS mendeklarasikan duet Anies-Sohibul Iman telah menutup pintu untuk partai politik lain bergabung ke koalisinya. Padahal, lanjutnya, PKS tidak bisa mengusung calon sendiri dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

"Blunder menurut saya [deklarasi Anies-Sohibul]. Itu yang saya sebut komunikasi politik yang semacam ini akan menutup pintu partai-partai lain untuk bisa bermitra dan poros koalisi ini," kata Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).

Koalisi PDIP-PKB

Adapun, belakangan wacana kerja sama politik antara PDIP dan PKB semakin terdengar. Eriko Sotarduga menjelaskan bahwa kerja sama antara PDIP (miliki 14,01% dari total kursi di DPRD Jakarta) dengan PKB (miliki 7,76% dari total kursi di DPRD Jakarta) sudah cukup untuk usung calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024.

Bahkan, sambungnya, kerja sama kedua partai politik itu juga bisa diperluas ke Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024. Skenarionya, PKB bisa mendapatkan posisi bakal calon gubernur Jakarta 2024; sementara itu, PDIP yang mendapatkan posisi bakal calon gubernur Jatim 2024; atau malah sebaliknya.

"Kalau misalnya di Jakarta, misalnya ini berandai-andai, PKB menjadi calon gubernurnya, boleh enggak di Jawa Timur, PDIP yang menjadi calon gubernurnya, boleh kan?" jelas Eriko di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda juga sudah mengakui tawaran PDIP itu menarik untuk dipertimbangkan karena buat kedua partai setara.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga sudah menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada 30 Mei lalu. Said mengungkapkan Cak Imin memang dekati PDIP untuk jalin kerja sama politik di Pilkada Jakarta 2024.

"Pendekatannya itu pendekatan kesamaan antara PDI Perjuangan dengan Partai Kebangkitan Bangsa. Di Jakarta memang mendekati PDIP, iya betul," jelas Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Cak Imin juga tidak menampik bicara wacana kerja sama politik antara PKB-PDIP dalam ajang Pilkada Jakarta sekaligus Jawa Timur (Jatim) 2024.

Meski demikian, lanjutnya, pembicaraan masih dalam tahapan awal. PKB dan PDIP masih melihat tawaran masing-masing pihak.

"Masih pencocokan hasil survei, masih mencocokkan potensi masing-masing," ungkap Cak Imin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Simulasi 3 Poros 

Ambang batas pencalonan kepala daerah diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 10/2016 tentang Pilkada. Pasal 40 ayat (1) mengatur hanya partai politik atau gabungan partai politik dengan perolehan minimal 20% dari total kursi di DPRD yang bisa mencalonkan kepala daerah.

Sementara itu, menurut hasil Pileg 2024, tidak ada partai politik yang meraih 20% kursi di DPRD Jakarta. Terdapat 106 kursi yang diperebutkan dari 10 daerah pemilihan (dapil) DPRD DKI Jakarta, sehingga ambang batas 20% sama dengan 22 kursi DPRD.

PKS merupakan partai politik peraih suara terbanyak di Pileg DPRD Jakarta. PKS punya 16,68% total suara atau sekitar 18 kursi apabila dikonversi dengan metode Sainte Lague.

Dengan demikian, untuk bisa mengusung pasangan Anies-Sohibul, PKS hanya butuh menggandeng partai lain untuk mengisi selisih 3,5% suara atau 4 kursi DPRD.

Menurut hasil Pileg 2024, selain PDIP, partai politik yang memenuhi syarat tersebut adalah Demokrat (7,32%), PAN (7,51%), PSI (7,68%), PKB (7,76%), Golkar (8,53%), Nasdem (8,99%), dan Gerindra (12%). Secara kedekatan politik, Nasdem dapat mengisi kekurangan tersebut.

Sementara itu, PDIP yang memperoleh 14,01% suara atau sekitar 15 kursi DPRD DKI belum mampu untuk mengusung calon sendiri. Sama halnya dengan perolehan suara PKB yang setara dengan 10 kursi.

Namun, apabila poros PDIP-PKB terwujud, maka ambang batas parlemen akan terlampaui, sehingga nama-nama bakal pasangan calon kedua dapat muncul.

Di sisi lain, Koalisi Indonesia Maju secara kumulatif menjadi poros yang telah memenuhi ambang batas 22 kursi DPRD. Apabila bergabung bersama Golkar (10 kursi) saja. Gerindra yang merengkuh 12% suara atau 14 kursi DPRD sudah dapat melampaui ambang batas pencalonan gubernur-wakil gubernur.

Tag:
berita terbaru hari ini,berita hari ini,berita terkini,berita terbaru,berita kompas,berita,berita kompastv,viral hari ini,portal berita video,berita video,prabowo terbaru hari ini,republika mahasiswa,jakarta,pilpres 2024 terbaru hari ini,prabowo gibran terbaru hari ini,berita indonesia,berita viral,24tahun republika,republika,milad republika,berita hangat,berita politik,berita politik indonesia terbaru,#jakarta,tv berita,berita update, Kamis 18 Juli 2024
Berita Terkait


Xiaomi telah merilis pembaruan HyperOS 1.2.3 untuk kendaraan listrik Xiaomi SU7. Pembaruan perangkat lunak terbaru ini menghadirkan banyak fitur tambahan pada SU7. ... More →


Beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia melatih model AI mereka pada kumpulan data yang mencakup transkrip lebih dari 173.000 video YouTube tanpa izin. ... More →


Untuk memberikan khalayak umum informasi mendalam tentang AI dan LLM, mantan direktur senior OpenAI, Andrej Karpathy buka sekolah AI. ... More →


Kemitraan ini dipandang sebagai langkah kerja sama kedua perusahaan di bidang komunikasi global. . ... More →


Seri iPhone 17 sudah menjadi perbincangan sebelum peluncuran seri iPhone 16. Seri iPhone 17 sebelumnya diharapkan hadir dengan chipset 2nm besutan TSMC. ... More →


Baru-baru ini, para pengembang merilis UTM SE, sebuah emulator yang memungkinkan kamu menjalankan sistem operasi Windows di perangkat iPhone dan iPad. ... More →


Samsung memasangkan prosesor Dimensity 9400 flagship dari MediaTek mendatang dengan RAM LPDDR5X baru sebesar 16 GB. ... More →


1.000 file eksekusi Windows dan DLL dipilih secara acak dari aliran masuk VirusTotal, hasilnya, Gemini 1.5 Flash mampu memproses setiap file dalam rata-rata 12.72 detik. ... More →


Data yang dijual mencakup berbagai platform, seperti Gmail, Amazon, Facebook, Spotify, Netflix, PayPal, Instagram, Twitter, LastPass, Adobe, Twitch, dan Coinbase. ... More →


Para peneliti saat ini sedang mengembangkan robodog berkaki enam yang dilengkapi AI untuk menutup kesenjangan dan memandu pengguna ke tujuan mereka. ... More →


Google baru saja meluncurkan aplikasi Vids, sebuah aplikasi pembuat slide presentasi atraktif berbasis Gemini yang bisa membuat video, suara, slide, dan lainnya secara otomatis. ... More →


Salah satu investor awal Tesla dan Awazon, James Anderson memprediksi nilai valuasi NVIDIA bisa capai USD50 triliun dalam satu dekade berkat perkembangan AI. ... More →


Uni Eropa telah menerbitkan teks lengkap dan final untuk UU AI UE di Jurnal Resmi mereka. Karena undang-undang baru ini akan mulai berlaku 20 hari setelah diterbitkan. ... More →


Konsumen sekarang dapat menginstal versi awal iOS 18, iPadOS 18, watchOS 11, dan macOS Sequoia untuk melihat pratinjau pembaruan perangkat lunak Apple sebelum kedatangan resminya pada musim gugur ini. ... More →


Proses pemasangan ini seharusnya menjadi indikasi bagi TikTok bahwa pengguna tersebut mungkin telah berbohong tentang usia mereka. ... More →


Sebuah kendaraan listrik (EV) Tesla terbakar menjadi abu saat berada di stasiun pengisian daya di Pennsylvania, Amerika Serikat. ... More →


Sebelumnya, Huawei masih bungkam mengenai chipset spesifik yang digunakan pada ponsel tersebut, yang diluncurkan masing-masing pada September dan Mei lalu. ... More →


Teknologi pengemasan baru mampu menumpuk banyak chip secara vertikal sehingga lebih kompak. . ... More →


Saat ini, game Resident Evil dengan seri tertinggi adalah 8 alias Village, namun kamu akan salah jika mengira hanya ada delapan entri yang perlu dipertimbangkan saat ingin menyelesaikan serinya. ... More →


NASA dan mitranya merayakan tahun kedua sejak Teleskop James Webb mulai mengirimkan kembali foto-foto alam semesta dengan merilis gambar galaksi Penguin dan Telur. ... More →


Baru-baru ini CEO Apple, Tim Cook, memamerkan kehidupannya sehari-hari sambil menggunakan Vision Pro. ... More →


Meta memperbarui pernyataan awal yang mengumumkan berakhirnya penangguhan Trump di Facebook dan Instagram pada Januari 2023. ... More →


FishXProxy dipasarkan sebagai “Kit Phishing Terkuat dan Terlengkap” yang ditujukan kepada para kriminal siber dan scammer. ... More →


Wiz dikenal sebagai penyedia alat keamanan dan pemindai khusus untuk lingkungan perusahaan yang menawarkan solusi keamanan infrastruktur cloud. ... More →


Chatbot AI Amazon Rufus kini tersedia untuk semua pelanggan AS, meskipun dalam versi beta. Chatbot ini mengikuti fase pengujian yang dimulai pada bulan Februari. ... More →