Jakartainews



Berita HARI INI





KPU Kota Madiun mulai rakit ribuan kotak suara Pemilu 2024 - ANTARA News
KPU Kota Madiun mulai rakit ribuan kotak suara Pemilu 2024 - ANTARA News
Jakartainews.com: KPU Kota Madiun mulai rakit ribuan kotak suara Pemilu 2024 - ANTARA News, News Berita KPU Kota Madiun mulai rakit ribuan kotak suara Pemilu 2024 - ANTARA News Hari Ini. Jakartainews.com adalah situs penyedia informasi Berita KPU Kota Madiun mulai rakit ribuan kotak suara Pemilu 2024 - ANTARA News secara live dan terupdate setiap hari, kami hanya menyediakan Berita Secara Live Hari Ini Dan Besok Secara Live Yang bersumber dari server Terpercaya.
"Kotak suara yang diterima sebanyak 2.750 buah itu baru tahap pertama, nantinya total kotak suara yang akan diterima sebanyak 2.926 buah,"
Madiun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur mulai melakukan penyortiran dan perakitan kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang digelar tanggal Februari mendatang.

Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana, Selasa di Madiun mengatakan jumlah kotak suara yang dirakit mencapai sebanyak 2.750 unit kotak suara.

"Kotak suara yang diterima sebanyak 2.750 buah itu baru tahap pertama, nantinya total kotak suara yang akan diterima sebanyak 2.926 buah," katanya.

Ia mengungkapkan, pihaknya melibatkan pekerja dari luar. Setidaknya ada sekitar 10 orang yang dilibatkan untuk merakit ribuan kotak suara itu. Perakitan dilakukan di Gudang logistik KPU yang ada di kawasan Wisma Haji Kota Madiun.

Terkait kekurangan kotak suara, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan KPU RI melalui KPU Provinsi dan pihak penyedia. Dengan demikian, sebelum hari H pemungutan suara nanti, seluruh logistik sudah klir.

Wisnu menargetkan perakitan kotak suara akan selesai dalam waktu tiga hari. Selain kotak suara, KPU Kota Madiun sebelumnya sudah menerima 2.236 bilik suara serta empat cadangan. Ditambah tinta dan segel.

Jumlahnya sudah dihitung disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk dilakukan penyortiran. Wisnu tidak menampik adanya beberapa logistik yang perlu penggantian, seperti sejumlah kotak suara belum ada logo KPU dan sebagainya.

"Satu per satu kita cek, kalau ada yang rusak atau tidak sesuai, kita ajukan penggantian," katanya.

Sesuai data, Pemilu 2024 di Kota Madiun akan diikuti sebanyak 153.880 pemilih yang telah masuk daftar pemilih tetap (DPT). Dengan rincian, jumlah pemilih laki-laki 74.743 orang dan perempuan 79.137 orang.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023



Saksikan Video KPU Kota Madiun mulai rakit ribuan kotak suara Pemilu 2024 - ANTARA News Berikut ini..