Anies Baswedan Terima Pinangan NasDem sebagai Capres 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 7 kali
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam acara deklarasi capres 2024 di NasDem Tower Senin 3 Oktober 2022. Sumber: Youtube Nasdem TV

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima pinangan dari Partai NasDem untuk diusung sebagai calon presiden 2024.

“Dengan memohon rida Allah SWT, dengan memohon petunjuk dari-Nya, dan dengan seluruh kerendahan hati bismillahirrahmanirrahim kami terima kami siap untuk menjawab tantangan itu,” kata Anies di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu Anies meminta kepada Ketua Umum Surya Paloh dan jajaran Partai NasDem untuk menuntaskan masa jabatannya dulu sebagai orang nomor satu di Jakarta hingga 16 Oktober mendatang. “Izinkan kami menuntaskan yang di Jakarta tiba dengan tuntasnya tanggung jawab yang diamanahkan oleh rakyat Jakarta,” ucap dia.

Anies mengatakan setelah tugasnya selesai ia akan bekerja Bersama NasDem demi sukses di Pilpres 2024. “Sesudah itu kita langsung bersiap membangun kolaborasi yang solid, bersiap untuk melaksanakan apa yang diamanahkan oleh partai Nasdem sebagai bagian dari tanggung jawab kita untuk negeri ini,” tuturnya.

Keputusan nmengusung Anies ini diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Sebelumnya, Anies disandingkan dengan dua bakal Capres lainnya, merupakan Panglima TNI Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Kenapa Anies? Jawabannya ialah why not the best?” kata Surya dalam pidatonya.

Surya mengawali pidatonya dengan memaparkan keyakinan dan prinsip dari Partai NasDem. Adapun Surya mengatakan telah menerima berbagai masukan, saran, serta berkontemplasi sebelum memutuskan menunjuk Anies sebagai Capres.

Surya menyebut Anies menjadi sosok yang bisa untuk meneruskan pembangunan di Indonesia. Ia juga menilai prinsip dan perspektif Anies sejalan dengan apa yang diyakini oleh Partai NasDem.

“Inilah kenapa akhirnya NasDem memilih sosok Anies Baswedan. Kami memikirkan masa depan bangsa ke depan. Insya Allah kalau Anies terpilih jadi Presiden, pimpinlah bangsa ini jadi bangsa yang lebih bermartabat, yang bisa membentuk watak daripada bangsa ini sejatinya,” ujar Surya Paloh.

IMA DINI | AHMAD FAIZ






5 menit lalu

Partai NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Capres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan formal diusung Partai NasDem menjadi capres dalam perhelatan Pilpres 2024. yang diumumkan oleh Surya Paloh


30 menit lalu

KPK Sayangkan Kasus Formula E Diseret ke Kepentingan Politik

KPK menyayangkan kasus Formula E diseret ke masalah politik. Saat ini KPK tetap mengumpulkan informasi termasuk dengan memanggil Anies Baswedan.


48 menit lalu

Anies Baswedan Akan Tinggalkan Balai Kota, dari Penyelenggara Negara Jadi Warga Negara

Anies Baswedan mengatakan dua pekan lagi akan kembali menjadi penduduk negara. Mohon doa dapat menjalankan instruksi apapun.


51 menit lalu

Jelang NasDem Deklarasi Capres 2024, Anies Baswedan Duduk di Samping Surya Paloh

Hari ini, Partai Nasdem ketua Surya Paloh ini bakal mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres yang diusung dalam perhelatan Pilpres 2024


1 jam lalu

Anies Baswedan Tiba di Nasdem Tower Jelang Surya Paloh Umumkan Nama Capres

Anies Baswedan tiba di Nasdem Tower jelang pengumuman nama capres yang akan disampaikan secara langsung oleh Surya Paloh.


1 jam lalu

Jelang Deklarasi Capres Partai NasDem, Anies Baswedan Terlihat Hadir

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terlihat hadir jelang acara deklarasi Capres oleh Partai NasDem yang digelar hari ini, Senin, 3 Oktober 2022.


1 jam lalu

Kasus Formula E, KPK: Penanganan Perkara Tak Bisa Diatur Pihak Tertentu

KPK menyatakan penanganan perkara lembaganya tak dapat diatur oleh pihak-pihak tertentu dalam kaitan tudingan memaksakan kasus Formula E ke penyidikan


1 jam lalu

Isu Kriminalisasi Anies Baswedan, KPK: Tuduhan Kontraproduktif

KPK menyatakan kasus Formula E dengan salah satu terperiksa Anies Baswedan tetap di tahap penyelidikan.


2 jam lalu

Anies Baswedan Sampaikan Rasa Belasungkawa Atas Tragedi Kanjuruhan

Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan rasa belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter sepak bola.


2 jam lalu

Kasus Formula E, Relawan Anies Minta KPK Tidak Jadi Alat Politik

Relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) meminta KPK tak menjadi instrumen politik menjelang Pemilu 2024.


Saksikan Video Anies Baswedan Terima Pinangan NasDem sebagai Capres 2024 Selengkapnya di bawah ini:


Atas